TRAINING BPR - MENJADI FASILITATOR CERTIF DI BANK EKA METRO LAMPUNG

Selamat Datang Metro Lampung

Lampung untuk kali ke dua saya ke sana, di mana sebelumnya saya ke Bandar Lampung bulan Desember 2011. Mengawali tahun 2012 ini saya mendapat kesempatan kembali ke Lampung tetapi kali ini adalah ke Kota Metro Lampung. Kota yang sangat terkenal di dunia industri Bank Perkreditan Rakyat, karena di sana terdapat sebuah BPR yang sangat dikenal  dan menjadi percontohan,  yaitu BANK EKA BUMI ARTHA. Bapak Awet Abadi adalah sosok Kharismatik  di BANK EKA dan saya mengenal baik pribadi beliau yang sangat santun, dan mengayomi industri BPR di tanah air.

Siapa yang tidak kenal Bank Perkreditan Rakyat BANK EKA di Metro Lampung, yang sudah memiliki 10 cabang ? BPR dengan aset terbesar di Tanah Air. Sebuah perjalanan yang menyenangkan dan patut disyukuri, karena saya berkesempatan untuk kesana pada tanggal 7 sampai dengan 8 Januari 2011, sebagai Fasilitator Certif yang diminta Yapindo (Yayasan Perbarindo DKI Jaya) untuk mendelivery modul Marketing dan Manajemen Sumber Daya Manusia, dalam acara in house training Certif di mana pesertanya adalah mulai level Kepala Bagian sampai dengan Pemimpin Cabang.

Saya sangat terkesan sekali di sana. Sepanjang perjalanan saya melihat suasana pedesaan seperti yang ada di pulau Jawa. Bahkan bahasa sehari-hari seluruh personil di BANK EKA menggunakan bahasa Jawa. Budaya jawa sangat kental di sana. Kota Metro memang tidak seramai kota Bandar Lampung. Kota Metro Lampung nampak damai sedamai dan sesantun seluruh personil BANK EKA dalam menyambut dan menemani kami para fasilitator selama di sana.

Rumah makan Agam, rumah makan khas Palembang yang kami singgahi selama makan malam di sana. Tak lupa kami menikmati indahnya malam sambil makan durian bersama Pak Catur dan Pak Aroel yang sangat ramah, membuat rasa lelah jadi sirna dan berganti enjoy.

Banyak ilmu yang saya peroleh di sana. Senang sekali saya bisa sharing dengan Direktur BANK EKA bapak Eko Budiyono yang sangat ramah dan setia menemani saya dan ibu Riwandari yang juga menjadi fasilitator Certif hingga pukul 22, dan rumah makan akan tutup. 

Dalam menyampaikan materi saya menemukan pribadi-pribadi yang santun dan memiliki performance yang sangat baik. Saya sangat senang karena dari hasil test nilanya menunjukkan adanya peningkatan. Rasa antusias untuk belajar sangat tinggi sekali sehingga fasilitator dapat menuangkan pengetahuannya dan bisa saling sharing dengan pengalaman peserta yang rata-rata bekerja sudah 10 tahun bahkan ada yang sudah 25 tahun. 

Mereka sangat terlatih sehingga pantaslah BANK EKA  menjadi bank panutan BPR yang ada di negeri ini. Tidak hanya dari sudut aset tetapi dari pengelolaan sumber daya manusia dan pelayanan sangat baik dan pantas dijadikan tempat untuk mendapatkan banyak ilmu yang berkaitan dengan operasional BPR.

Perjalanan BANK EKA yang mulai dari kecil hingga besar adalah sebuah proses panjang. Onak dan duri telah dilalui, namun ketika sudah besarpun tetap memperhatikan asal muasal bank bisa berkembang yaitu dengan tetap menggandeng dan memperhatikan sektor mikro. BANK EKA penyaluran kreditnya hampir 95% kepada PNS dan sisanya kredit umum, ini yang membesarkan BANK EKA . Satu hal yang menarik sumber dana bank banyak berasal dari masyarakat dengan produk tabungan arisan. Setiap tanggal 20 dilakukan pengocokan, dan pastinya sangat ramai.

Satuhal lagi yang menarik perhatian saya, di depan gedung kantor BANK EKA terdapat gedung yang bermerek MEGA atau MENARA GADING. Gedung itu adalah kantor koperasi karyawan BANK EKA, yang juga disewakan kepada pihak lain untuk usaha. Seluruh karaywan BANK EKA yang akan mengajukan pinjaman, seluruhnya dikelola oleh koperasi karyawan tersebut.

Berikut adalah foto-foto saya selama di BANK EKA  di Metro Lampung :











SELAMAT MENGIKUTI UJIAN CERTIF KEPADA SELURUH PESERTA TRAINING CERTIF BANK EKA
SUKSES SELALU DAN SALAM EMBAHNYA SUPER DAHSYAT  !!!!

APA KABAR  ????
LUARRRRRR BIASA !!!
BPR EKA ????
YESSS !!!
PESERTA CERTIF
JOSSSSS !!!

Postingan populer dari blog ini

SOAL AKUNTANSI DASAR UTS

PENTING !!! PERSIAPAN FIT & PROPER CADIR BPR