MOTIVASI SUKSES SELF MOTIVATION



INGIN ATAU HARUS
Wangsit Supeno, ESD

“Keinginan yang diperkuat dengan doa akan melahirkan impian yang  menjadi  tujuan hidup sehingga menumbuhkan  keharusan  dan keyakinan untuk  mewujudkannya melalui tindakan yang efektif“  (Positif Inspiration From Wangsit Supeno-Salam Embahnya Super Dahsyat )



Seorang anak kecil sekitar usia 3 tahun menangis histeris ketika ibunya melarang anaknya minta dibelikan balon gas, dan ketika pedagang balon itu sudah pergi jauh akhirnya ayah si anak bergegas mencari pedagang balon tersebut dan ketika balon tersebut sudah dibeli dan diberikan kepada si anak, maka sianakpun berhenti menangis dan tak lama kemudian ia tertawa bersama teman-temannya. Ilustrasi ini menggambarkan perbedaan antara “Ingin” dan “Harus”. Anak kecil tersebut telah berhasil dengan caranya mengubah pikiran kedua orang tuanya yang semula melarang jadi menyetujui untuk meminta balon yang diingininya dan menjadikan keharusan untuk dimilikinya. Masih untung sianak kecil tidak bilang, “saya maunya yang warna merah, enggak mau yang hijau !”. Coba kalau dia minta warna yang sesuai visualisasinya,  si ayah mungkin akan bingung atau mungkin akan ngomel duet dengan isterinya,  karena situkang balon sudah pergi entah kemana, yang pada akhirnya sianak menerima juga meski dalam keadaan tertekan. 

Ilustrasi cerita di atas menunjukkan anak tersebut sangat kreatif, kecil-kecil sudah terlihat kekuatan karakternya yang target oriented. Sebab faktanya ada juga seorang anak kecil yang menangis meminta balon dan dia mendadak berhenti menangis manakala sang ayah cuma bilang seperti ini, “Sssstt..jangan beli balon karena bisa meledak...duarrrrr....!” si anak jadi ciut hatinya.Nah, tahukah Anda efek dari ucapan si ayah tersebut ? sianak akan memvisualisasikan gaya sang ayah yang pura-pura terluka karena balon yang pecah, dan bila cara ini terus dilakukan oleh sang ayah untuk menunjukkan bentuk ketidak sukaan, maka niscaya sianak ketika sudah dewasa akan takut menyentuh balon. Ditelinganya selalu terngiang suara ayahnya yang selalu mengingatkan bahayanya berhubungan dengan balon dan menjadi tungku mental hingga dewasa. Biasanya seorang therapist yang berpengalaman akan bisa membantu mengatasi tungku mental tersebut. 

Manusia Istimewa
Saya ingin mengajak Anda merenungi, bahwa pada dasarnya kita ini dilahirkan sebagai manusia yang sempurna, istimewa dan layak memiliki apa yang kita inginkan baik yang  bersifat materi maupun spiritual, asalkan disertakan dengan kata “Harus”. Apa sebabnya ? 

Mohon Anda ingat kalimat berikut ini. Jika Anda baru sampai pada level “Ingin”, maka itu sifatnya hanya sementara karena ada di pikiran sadar yang mudah berubah seperti halnya daun kering yang jatuh lalu tertiup angin begitu mudah terbang entah kemana. Kita jadi kalah mental oleh situasi dan kondisi yang menekan pikiran, dan hati mudah jadi ciut lalu diikuti rasa takut, khawatir, ragu-ragu karena dipengaruhi visual kita yang kerap membayangkan kegagalan dan atau mendengar suara kekecewaan hidup orang lain. Sebaliknya Kata “Ingin” yang diikuti dengan kata “Harus” akan melekat dan tersimpan di dalam pikiran bawah sadar seseorang, seperti halnya semen yang menyatu dengan pasir sehingga bisa merekatkan susunan batu bata, dan tidak heran jika sebuah bangunan bisa berdiri kokoh  dan sanggup menahan hembusan angin selama bertahun-tahun lamanya.

Pertanyaan saya, apa sih yang dikerjakan seseorang sebelum mendirikan sebuah bangunan? Jawabnya adalah, merancang gambar bangunan yang dibuat secara matang oleh seorang arsitek yang kreatif dan cerdas. Dalam rancangan itu terlihat kerangka gambar dengan perhitungan yang detail sesuai visualisasi yang ada dalam pikiran sang arsitek, sehingga pada saat pelaksanaan rancangan itu menjadi pedoman kerja. Kita adalah arsitek yang bisa merancang bentuk bangunan kehidupan kita sehingga bisa setinggi, sebesar dan sekokoh apa yang kita inginkan dan, tetapi ingatlah ada keharusan untuk mewujudkannya dengan cara melakukan tindakan yang efektif melalui penggunaan potensi Kekuatan Karakter dan Mindset yang selama ini terpendam dalam diri kita secara optimal. Diperlukan bentuk kreatifitas dan kecerdasan dalam pelaksanaannya, dan semua potensi itu ada dalam diri kita sendiri sebagai anugerah Tuhan agar kita menjadi manusia yang istimewa. Anda setuju ! Anda dan saya adalah orang yang Super Dahsyat ! Itulah Fakta Hidup !

Success Share
Mohon Anda tuliskan diselembar kertas 5 (lima) Keinginan yang berhubungan dengan peningkatan nilai hidup Anda dalam pekerjaan, percintaan, keluarga, kesehatan atau spiritual. Kemudian kerucutkan menjadi  2 (dua) prioritas utama yang menjadi keharusan bagi Anda untuk mewujudkannya dalam hitungan waktu yang jelas, dan sebutkan apa alasannya harus diwujudkan.   Sekarang tuliskan dalam bentuk sketsa di selembar kertas putih lalu imajinasikan dalam kondisi mata terpejam nikmatnya jika apa yang jadi keharusan terwujud, ekspresikan dengan senyum lalu tutup dengan doa. Fakta hidup bahwa orang sukses memulai segalanya dari sebuah imajinasi yang dikuatkan dengan doa dan dirancang sebagai tujuan hidup sehingga menghasilkan energi positif yang selalu bisa menguatkan langkahnya dalam segala keadaan dengan cara-cara yang benar.

Postingan populer dari blog ini

SOAL AKUNTANSI DASAR UTS

PENTING !!! PERSIAPAN FIT & PROPER CADIR BPR