PENTINGNYA TUJUAN HIDUP

INSPIRASI WANGSIT SUPENO QUOTES


Makna Inspirasi Wangsit Supeno Quotes

Sahabat, pagi ini saya memberikan inspirasi tentang proses mencapai tujuan.  Pertanyaannya, pentingkah kita menetapkan tujuan hidup ? 

Untuk menjawab pertanyaan itu saya akan memberikan ilustrasi contoh kejadian sehari-hari. Ketika Anda naik Taxi pergi ke Bandara, Anda pastinya akan ditanya oleh pak Sopir, “Tujuannya ke terminal berapa pak ? ”  Anda tentunya tidak akan menjawab seperti ini, “Diterminal mana aja boleh ?”.  Bisa saja sopir Taxi akan menjawab, “Baik pak, saya akan antar bapak ke Terminal Lebak Bulus !”. Nah, disinilah pentingnya menetapkan Tujuan. Jika tujuan Anda sudah ditetapkan, sekalipun Anda belum pernah ke tempat tujuan tersebut, Anda akan menemukan banyak petunjuk dan banyak orang baik yang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Oke, misalkan saja Anda akan ke bandara Soetta dengan tujuan pergi ke Papua. Sebelum berangkat, Anda telah menentukan waktu penerbangan dan akan menggunakan pesawat apa. Selanjutnya Anda akan segera memesan tiket dari biro jasa perjalanan. Di tiket pesawat terbang Garuda yang telah Anda terima itu, tertulis jam kerangkatan dan di terminal mana Anda harus boarding.

 Nah, ketika Anda ditanya sopir taxi, “Bapak tujuannya keterminal berapa ? “. Anda tidak ragu-ragu lagi menjawab, “Terminal 2 F”. Satu kata yang Anda ucapkan itu, sudah  cukup untuk sopir taxi mengantarkan Anda ke tujuan yaitu Bandara Soetta Terminal 2 F. Kalaupun Anda belum pernah menggunakan jasa transportasi pesawat terbang sebelumnya, maka modal Anda yang utama adalah “mau bertanya” dan jeli membaca petunjuk.

Setelah sampai di Bandara Soetta Anda akan melihat petunjuk dan orang-orang yang siap membantu Anda, di mana pintu masuk keberangkatan, di loket mana Anda melakukan boarding, sampai Anda masuk ke ruang tunggu. Ingat, semua berproses  tetapi yang terpenting adalah Anda sudah punya Tujuan ke mana Anda akan pergi.

Setelah Anda mendarat di Bandara Sentani Papua, kota yang menjadi tujuan Anda. Bagaimana perasaan Anda ? tentunya sangat senang. Dan selanjutnya Anda bisa meneruskan rencana kedatangan Anda ke sana sesuai tujuan ke datangan Anda seperti yang telah direncanakan sebelumnya.

Sahabat, saya berharap sekarang Anda bisa memahami pentingnya menetapkan tujuan hidup. Dalam proses pencapaiannya diperlukan, Sikap positif yang menunjukkan adanya keberanian, kesabaran, kegigihan dan keyakinan untuk mencapainya.

Dalam buku Financial Revolution, Tung Desem Waringin mengatakan :

“Adalah sangat penting kita menentukan tujuan.  Tanpa tujuan, gerak kita sama sekali tanpa arah”.

Dalam setiap kehidupan pasti kita akan menghadapi tekanan. Tekanan hidup yang kuat, akan menjadikan Anda mau tidak mau harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Anda dipaksa segera bertindak untuk mengarah ke tujuan tersebut.  

Sahabat, jika pola pikir (mindset) Anda dalam menghadapi tekanan,  selalu positif dan menilai tekanan itu bisa menjadikan Anda seorang yang tahan mental dan berkemauan kuat untuk sukses, maka Anda akan menemukan potensi dalam diri Anda yang tiba-tiba muncul disaat kondisi krisis, sehingga terbuka peluang  bagi Anda untuk meraih kesuksesan yang tidak Anda duga-duga sebelumnya.

Ada sebuah teori yang menggambarkan, mengapa tekanan bisa menjadikan seseorang bisa bertindak dan menemukan potensi yang ia tidak duga sebelumnya, saya menyebutnya  Teori DAR- Dikejar Anjing Rabies.

“Anda yang menjadi sangat takut dikejar Anjing Rabies dengan taringnya yang tajam-tajam itu , mendadak Anda menjadi orang yang sangat cerdas, menjadi atlit lari cepat dan pemanjat pohon kelapa yang lincah dan cepat. Mengapa ? Karena Anda fokus pada peluang mencari selamat dan membayangkan betapa menderitanya dikunyah-kunyah  Anjing Rabies.
Ketika Anda berada di atas pohon yang tinggi,  Anda memiliki pandangan yang luas sehingga bisa melihat apa saja yang ada di bawah. Dan jika pikiran Anda cerdas, maka Anda bisa menemukan potensi baru yang selama ini ada tetapi terpendam bagaikan harta karun.”.

Teori DAR menggambarkan sebuah keadaan krisis. Dalam bahasa Cina kata “Krisis” bermakna ganda yaitu “bahaya” dan “kesempatan”. Jika Teori DAR yang di kelola dengan baik, akan dapat mengubah pola pikir Anda yang semula malas atau tidak tahu mengembangkan potensi yang ada di dalam diri Anda, secara mendadak membuat Anda tersadar, sehingga Anda merasa penting memiliki tujuan hidup yang jelas, dengan maksud untuk mengubah kesengsaraan menjadi kenikmatan.

Sahabat, tujuan yang Anda tetapkan sehebat apapun tidak akan pernah tercapai secara optimal, jika Anda tidak memiliki sikap (Attitude) yang akan mendorong terealisasinya sebuah cita-cita yang sudah menjadi impian sejak lama. Attitude adalah faktor terpenting pencapaian sukses seseorang. Orang-orang yang memiliki Positive Attitude, akan selalu merasa optimis, meskipun dalam perjalanan mencapai tujuan banyak menghadapi kesulitan dan kegagalan. Ia penganut kata “Pasti Bisa”. Ia cerdas membaca kemungkinan-kemungkinan keadaan untuk dikelola secara positif dalam rangka mencapai tujuan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Psikologi, Standford University, menyimpulkan bahwa 87,5%  penyebab keberhasilan seseorang dalam karier di pekerjaan, baik yang berhubungan dengan kenaikan pangkat, promosi jabatan, prestasi kerja, pendidikan dan lainnya,  karena orang tersebut memiliki possitive attitude, dan sisanya 12,5% disebabkan karena  kemampuan akademis dan kepintaran.

Postingan populer dari blog ini

SOAL AKUNTANSI DASAR UTS

PENTING !!! PERSIAPAN FIT & PROPER CADIR BPR