RAHASIA MENINGKATKAN DAYA INGAT




RAHASIA MENINGKATKAN DAYA INGAT 

Oleh  : Wangsit Supeno
 
http://tribayu11.blogspot.com/2014/03/


Apakah Anda mulai menyadari, akhir-akhir ini menjadi orang yang pelupa ? kecuali yang berhubungan dengan uang seperti THR, nampaknya Anda selalu ingat ya he he he. Coba perhatikan lagi dalam sehari Anda sudah mengalami lupa apa saja, apakah lupa bawa dompet, lupa bayar angsuran, lupa bayar pajak kendaraan, lupa menyelesaikan tugas, lupa meletakan kunci, lupa menggunakan kaca mata, lupa janji bertemu dengan relasi, lupa menyapa sayang dengan pasangan Anda, dan mungkin saja Anda lupa menutup resleting celana Anda ..coba deh cek kembali apakah sudah tertutup..he he he. Semakin sering lupa, itu menandakan usia Anda sudah semakin bertambah dan tidak lagi remaja. Sebaliknya bagi Anda yang merasa masih muda, khususnya yang masih kuliah tetapi saat ujian susah menghafal dan lupa apa jawabannya, ingat ! “menyontek teman” itu bukan solusi yang baik kecuali very very very  “terpakso” tanya sama temen yang juga lupa mana jawaban yang benar, wah ini berbahaya bisa bisa nilai jeblok. Jadi sebenarnya yang saya temukan di lapangan, tidak tua tidak muda daya ingat ini kadang jadi masalah dan suka bikin jengkel, karena itu di HP kitapun sudah ditanamkan fitur untuk mencatat hal-hal penting, agar kita tidak lupa bahkan bisa diberi pengingat, berupa alarm yang berdering pada waktu yang kita inginkan.

Saya jadi teringat dengan seorang bapak yang mondar mandir jalan di depan meja kerja saya, dan ketika saya tanya kenapa bapak mondar mandir ?  ia mengatakan sambil memegang keningnya, “saya sedang mencari satu kaos kaki saya, di mana ya”. Katanya ketika ia sedang ke toilet, ia melepas kaos kakinya,  tetapi saat akan memakai kembali kaos kaki itu,  ia tidak menemukan yang satunya lagi. Ia lupa entah di mana meletakkan kaos kaki yang satunya lagi. Tetapi apa yang sebenarnya terjadi ?, ternyata Ia lupa, bahwa satu kaos kakinya itu ia sampirkan di atas bahu kanannya, he he he…..pantes saya dari tadi bingung kenapa si bapak mondar mandir kok di bahu kanannya ada kaos kaki, jadi tersipu-sipu si bapak setelah menemukan kembali kaos kakinya itu. Nah, ada lagi cerita seorang wanita yang sedang ngomel dengan suaminya sambil menelpon di sebuah mall. Si wanita ngomel  pasalnya si suami sudah sampai rumah lebih dulu, sedangkan dia isterinya masih tertinggal di mall. Usut punya usut, sang suami seorang yang pelupa. Sang suami lupa kalau tadi ke mall dengan isterinya,  jadi ia  pulang sendirian, wk wk wk…  untung pulangnya bukan dengan wanita cantik, bisa perang teluk. Satu lagi nih, ada seorang pria yang sibuk sedang mencari-cari kaca matanya, dan setelah diberitahu ia baru tersadar ternyata kacamatanya sudah dikenakan he he he…parah. Saya juga kadang lupa, makanya sebelum berangkat dalam acara penting saya membuat daftar check list, dan saya belajar metode yang akan saya jelaskan berikut ini, maklum sayakan lahir tahun 1928  he he he…

Begini, menurut para ahli di bidang otak manusia, memori seseorang memburuk seiring dengan bertambahnya usia, akan tetapi memori visual (apa yang Anda lihat dan bayangkan) bertahan lebih lama dibandingkan dengan memori kata (apa yang Anda ucap dan dengarkan). Berikut ini adalah contoh selain lupa di dalam kehidupan manusia seiring dengan bertambahnya usia, yaitu mulai dari botak, kaki gemetar, ompong, serta kebiasaan lain pada saat bayi dan pada saat jompo. Dan tampaknya, demikian juga yang terjadi pada memori visual makin lama semakin berkurang.

Beberapa dari Anda yang membaca tulisan ini akan menjadi terbiasa menggunakan mata fikiran atau imajinasi atau visual dalam berfikir. Akan tetapi sebagian lagi mungkin hanya mengandalkan bahasa atau kata, sehingga mata fikiran atau imajinasi anda bekerja dengan lambat. Ini disayangkan, terutama bagi Anda yang sudah mencapai usia 40 atau 50 tahun saat memori Anda mulai mengecewakan Anda. Memori tersebut tidak akan mengecewakan Anda jika Anda mulai menggunakan mata fikiran atau imajinasi multi sensorik tanpa kata.

Memang sangat menarik membedakan otak orang tua dengan anak muda saat mereka mengingat sesuatu. Perhatikan kata-kata berikut dan silahkan di baca pelan-pelan : Roti, Sofa, Wortel, Susu, Ikan, Apel, Kursi, Rak dan Meja. Sudah  dibaca ? baik sekarang tutup mata Anda dan mulai menghafal. 

Coba cek berapa kata yang masih terlupa saat Anda menghafal. Jika hafal semua, untuk Anda yang berusia di atas 40 tahun berarti setara daya ingatnya dengan anak muda ya, nah sekarang buat yang Anda yang tergolong anak muda bagaimana ? apakah hafal semua ? jika tidak berarti Anda juga sudah setara dengan yang tua ya he he he. 

Menurut  Mehmet, C.Oz, M.D dalam buku international best seller “Sehat Tanpa Dokter” yang saya akses dari mbah google , kehilangan daya ingat manusia dapat dimulai sejak usia tiga puluh tahun, tetapi bagian dari kompilasi hilangnya daya ingat yang berhubungan dengan penuaan ada beberapa hal yang menyebabkannya yaitu :

  • Permasalahan vaskular : saat darah yang sampai ke otak tidak mencukupi, kurangnya aliran darah dapat menyebabkan stroke kecil dan rusaknya daya ingat.
  • Penyakit Alzheime : di sini, neuron bertarung melawan neuron lainnya, menyebabkan neuron-neuron tersebut berhenti bekerja dengan baik. Manusia memiliki 100 miliar neuron di dalam otak. Jika dibentangkan, panjangnya akan mencapai tiga puluh ribu mil. Tiap sel saraf ini berisi potongan-potngan informasi yang perlu dipancarkan ke neuron lainnya sehingga tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik. Neuron menyimpan informasi, tetapi jika tidak dikomunikasikan ke neuron lainnya, semua itu tidak ada gunanya.
  • Kehilangan neuron : banyak penyakit yang berhubungan dengan usia disebabkan oleh hilannya neuron atau hilangnya fungsi neuron : secara harfiah, Anda sedang kehilangan bagian dari pikiran Anda.
  • Trauma  : kehilangan daya ingat dapat juga datang dari trauma yang terus menerus diderita akibat kecelakaan atau karena olah raga berat seperti tinju, dengan luka-luka yang berulang di bagian otak. Dampak yang kuat terhadap tengkorak akan memantul ke sekeliling otak dan kerusakan yang lebih permanen. Akibat selanjutnya adalah hilangnya daya ingat ketika otak mengalami korsleting, meskipun jaringan di sekelilingnya dapat memperbaiki area yang rusak.


 Menjaga Kondisi Memori 

I Robertson dalam bukunya berjudul Misteri Pikiran Manusia, menyatakan bahwa salah satu sebab melemahnya memori seiring dengan usia adalah karena kita seringali menjawab informasi yang datang tidak dengan kemampuan otak yang sama seperti  yang sudah kita terapkan saat kita masih muda dan tidak terbiasa mempelajari suatu cara yang baru.

Cara yang paling praktis adalah dengan belajar mengkategorikan sesuatu dan mengkaitkannya dengan sesuatu yang telah kita ketahui. Proses ini disebut dengan depth encoding, seperti yang dikemukakan oleh seorang psikolog kognitif Fergius Craik dan rekan-rekannya dari University of Toronto. Ia dan reakan-rekannya  telah secara meyakinkan menunjukkan bahwa semakin lama Anda memproses sesuatu dalam pikiran, semakin baik sesuatu itu Anda ingat. Karena aktivitas pikiran tersebut mengaktivasi “cuping frontal”, kemudian memperkuat hubungan antar item yang tersimpan dalam “bank memori” Anda di “cuping temporal“

Apa itu Cuping frontal  ?  Cuping frontal  merupakan bagian dari otak manusia yang mengontrol hal-hal seperti perencanaan, kepribadian, tingkah laku, dan emosi. Area ini memungkinkan kita untuk memisahkan antara yang benar dan salah dan membantu kita berpikir secara abstrak.

Apa itu Cuping temporal  ? Cuping temporal  terletak di kedua sisi otak Andam kira-kira setinggi telinga, fungsinya memproses suara dan juga bertanggung jawab terhadap daya ingat jangka pendek.


Sumber :  books.google.co.id/books?id
 
Orang muda yang berusia sekitar 20 tahun mereka memiliki daya ingat yang lebih baik di banding yang usianya sudah di atas 50 tahun, mengapa ? karena orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun tidak menghidupkan cuping frontal otak kiri seaktif orang muda. Agar cuping frontal otak kiri aktif maka yang harus dilakukan dalam menghafal adalah melakukan pemilahan. 

Seperti Anda ingin menghafal kata : burung, buku, ayam, sapi, pulpen, kertas, kuda. Maka agar lebih mudah dihafal dan diingat  hendaknya dilakukan pemilahan terlebih dahulu menjadi dua yaitu, kategori nama hewan (burung, ayam, sapi, kuda) dan kategori nama alat tulis (buku, pulpen, kertas). Bandingkan cara Anda menghafal biasa dan menghafal dengan memilah kategori, mana yang lebih mudah dan ingatnya lebih lama.

Sekarang silahkan baca daftar kata berikut sambil Anda memilah mana kata yang dimulai dengan huruf vokal dan mana yang huruf konsonan.

Jendela, onta, lapangan, bel, keong, tentara, tanah, are, anak-anak, pohon.
Berapa kata yang Anda ingat ? Jika Anda mampu mengingat semua hanya dengan sekali baca, Anda memang hebat. Pada umumnya orang hanya hafal sebagian saja.

Rahasia Memperkuat Daya Ingat 

Membuat imaji mental tentang sesuatu yang sedang Anda pelajari merupakan cara terkuat untuk menancapkan memori di dalam otak sehingga tidak mudah dilupakan. Memori berbasis imaji (visualis) akan bertahan lebih lama dibandingkan yang berbasis bahasa (verbalis) seiring dengan proses penambahan usia.

Penggunaan mata fikiran atau imajinasi dan fikiran verbal pada masing-masing orang berbeda-beda. Mari kita uji, mohon Anda jawab pertanyaan berikut ini  :
  • Apakah Anda tergolong orang yang sering menggunakan mata fikiran atau imajinasi dalam memecahkan masalah-masalah ?
  • Dapatkah Anda secara mudah membayangkan sebuah obyek bergerak dalam mata fikiran atau imajinasi Anda ?
  • Dapatkah Anda mengerjakan perhitungan dengan mengimajinasikan seakan-akan angka-angka tersebut tertulis di papan tulis ?

Jika Anda menjawab ya pada ketiganya, maka Anda tergolong visualis sedangkan jika sulit maka Anda tergolong Verbalis, lebih cenderung dengan kata-kata, contohnya Anda menyukai teka teki silang.  Jika Anda seorang visualis, Anda akan lebih mudah dalam mengingat gambar dan kata-kata yang dapat memicu gambar, misalnya ketika Anda membaca kata mawar atau pohon, maka orang visualis langsung membayangkan bunga mawar atau pohon. Baik Anda seorang visualis maupun verbalis, jika Anda mau berusaha menggunakan mata fikiran atau imajinasi, maka hal itu akan memperkuat memori Anda. Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah, jika Anda seorang verbalis, Anda akan membutuhkan waktu lama dalam menciptakan gambar fikiran dan hal ini tentu akan memperlambat pembelajaran. Hal ini bukan berarti orang yang cenderung berfikir “visualis” atau yang cenderung berfikir “ verbalis”  itu buruk. Keduanya merupakan alat yang sangat berguna. Kita sangat membutuhkan keduanya untuk menggunakan otak kita. Tetapi masalah yang muncul adalah jika tidak ada keseimbangan dalam menggunakan keduanya.

Ada cara klasik untuk meningkatkan kemampuan imajinasi sehingga memori Anda bisa meningkat, yaitu yang disebut pegword mnemonic. Metode ini sudah dikembangkan sejam Yunani Kuno, mereka biasa menggunakannya untuk membuat para senator dan teman-teman mereka terkesan dengan pidato panjang yang meyakinkan tanpa referensi catatan.

Caranya seperti ini :
Coba Anda hafalkan kata-kata berikut ini :

1          =         Batu
2          =         Sayur
3          =         Rendang
4          =         Bunga
5          =         Apel
6          =         Jam Dinding
7          =         Televisi
8          =         Buku
9          =         Cemilan
10        =         Ayam

Nah, sekarang tutup mata Anda dan mulailah menghafal  ? Bagaimana sudah dicoba ? Berapa kata yang bisa Anda hafal ?

Sekarang kita latihan dengan menggunakan metode pegword mnemonic. Anda sekarang diminta untuk menggunakan imajinasi-imajinasi yang ada hubungannya dengan tiap nomor di atas untuk menghafalkan daftar orang, benda atau nomor-nomor lain.

Caranya sebagai berikut :
1.   Bayangkan Anda berada di sebuah ruangan di dalam rumah
2.  Untuk menghafal kata “Batu”,  bayangkan di ruangan itu ada patung kuda berwarna putih terbuat dari Batu. Bayangkan Anda menyentuhnya dan mengamati ukirannya.
3. Untuk menghafal kata “Sayur”,  bayangkan di ruangan itu ada meja makan di atasnya tersedia menu makanan. Dan menu makanan yang Anda lihat pertama kali adalah “Sayur”,  bayangkan Anda sedang mencicipinya.
4.   Untuk menghafal kata “Rendang”, bayangkan di atas meja makan itu selain sayur juga ada “Rendang”, dan bayangkan Anda mengambil rendang itu dan diletakkan dipiring lalu rasakan pedasnya.
5.   Untuk menghafal kata “Bunga”, bayangkan di atas meja makan itu ada sebuah vas bunga, dan di dalamnya ada “Bunga” yang warnanya putih indah. Bayangkan Anda memegang vas bunga itu dan menyentuh bunganya.
6.  Untuk menghafal kata “Apel”, bayangkan di atas meja makan itu tersedia buah “Apel”, warnanya merah, bayangkan Anda ambil apel itu dan Anda belah, sekarang rasa renyahnya, manis.
7.  Untuk menghafal kata “Jam Dinding”, bayangkan di ruangan itu pas di depan Anda duduk, di dindingnya ada sebuah “Jam Dinding”, bayangkan Anda mencocokan jam di tangan Anda dengan yang di “Jam Dinding”.
8.   Untuk menghafal kata “Televisi”, bayangkan di bawah jam dinding ada “Televisi” yang  berada di atas meja, bayangkan Anda sedang mengganti channel “Televisi” dengan remote.
9.  Untuk menghafal kata “Buku”, bayangkan di samping televisi ada sebuah “Buku”, dan bayangkan Anda mengambil buku itu, Anda tersenyum karena buku itu adalah buku yang isinya cerita lucu.
10. Untuk menghafal kata “Cemilan”, bayangkan kembali di meja makan itu ada “Cemilan” seperti pisang goreng, dan bayangkan Anda mengambil cemilan itu mengunyahnya dan menikmati rasanya.
11. Untuk menghafal kata “Ayam”, bayangkan di meja makan itu ada ayam goreng, dan bayangkan sang “Ayam” ketika hidup. Bayangkan Anda sedang memberi makan “Ayam” di depan rumah.

Apakah Anda sudah paham dan mencoba ? Nah, sekarang coba tutup mata dan sebutkan sepuluh kata yang telah saya sebutkan di atas. Seharusnya hasilnya jauh lebih baik, karena daya ingat Anda lebih tajam ya dibanding dengan cara membaca begitu saja. Kuncinya adalah memperkuat visualisasi atas setiap kata yang akan Anda hafal.  Hal ini juga sangat penting untuk Anda yang masih kuliah, khususnya untuk mempermudah mempelajari dan menghafal materi-materi yang diajarkan dosen.

Jadi hal yang sama dapat dilakukan jika Anda suka pelupa menempat barang di suatu tempat, maka pertama Anda pastikan menempatkan barang di tempat yang biasa Anda letakkan, tetapi kalau di tempat lain maka Anda gunakan imajinasi dengan membayangkan tempat itu, warnanya ada apa di sekitar tempat itu. Jadi pada saat Anda lupa memori pikiran bawah Anda akan mencari untuk menemukan benda itu.

Silahkan dicoba berulang-ulang untuk menghafal dengan kata-kata yang lain. Walaupun sebetulnya Anda tidak perlu membuat imaji yang aneh dan konyol, tapi hal yang lucu dan menarik akan lebih mudah diingat karena gelombang emosi yang diolah dalam otak akan melibatkan ribuan sel  otak lagi ke dalam sebuah ikatan memori tertentu.

Caba Latihan menghafal dengan metode Pegword mnemonic  untuk nama nama orang sebagai berikut  :

1          =         Santi
2          =         Mira
3          =         Unang
4          =         Siska
5          =         Ines
6          =         Rudi
7          =         Amin
8          =         Eko
9          =         Tulkiyen
10        =         Rosi

Nah, metode Pegword mnemonic juga sangat bermanfaat dalam menghafal angka seperti nomor telpon, passwords atau nomor pin. Ardi Gunawan dalam bukunya Melejitkan Daya Ingat Hingga 100% memberikan contoh bagaimana caranya mengingat angka, contohnya nomor telpon.

Langkah-langkahnya  :
1.  Anda buat tabel Angka yang diubah menjadi huruf  sebagai berikut  :
     0      =         B
     1      =         J
     2      =         N
     3      =         M
     4      =         K
     5      =         S
     6      =         P
     7      =         L
     8      =         R
     9      =         G
     Persamaan di atas jangan diubah-ubah agar selalu diingat.   

2. Tentukan Angka yang ingin di hafal, misalnya Nomor HP.  081315778699

3. Turunkan Angka yang Mutlak Harus di hafal, yaitu  15778699, sedangkan 4 Angka di depannya Anda pasti hafal ya itu kode nomor Simpati yang berkode 0813 atau 0812 dan seterusnya.
4. Selanjutnya susun angka-angka dan diubah jadi huruf sesuai panduan di atas :

1  ___________    5         7   __________  7         8  ___________  6      9 ___________ 9
J                            S         L                       L          R                        P     G                      G

5.  Selanjutnya kita susun kode huruf jadi kata-kata  :
1  ___________    5         7   __________  7         8  ___________  6      9 ___________ 9
     Jalan       Sore hari         Lalu    Lintasnya        Ramai        Padat      Go                  Go


Sekarang silahkan Anda mencoba menghafal nomor hand phone  081806105105 dengan cara seperti di atas.

Kesimpulannya, agar Anda dapat lebih meningkatkan daya ingat Anda harus memperkuat daya imajinasi, dan sering berlatih mengingat seperti cara di atas untuk hal-hal lain yang ingin Anda Ingat. Silahkan juga menggunakan cara lain dalam mengingat yang penting kuncinya adalah Imajinasikan dan rangkai dengan apa saja yang membuat Anda lebih mudah. Demikian semoga Tulisan ini bermanfaat, dan daya ingat Anda pulih dan menjadi lebih baik lagi. (25/07/2014)

Postingan populer dari blog ini

PENTING !!! PERSIAPAN FIT & PROPER CADIR BPR

SOAL AKUNTANSI DASAR UTS

MAU IKUT PROGRAM COACHING?