MENGAPA POTENSI SUKSES BISA TRKUNCI?



MENGAPA POTENSI SUKSES BISA TERKUNCI?

Oleh: Coach Wangsit Supeno


Apa yang membedakan antara orang yang karirnya atau bisnisnya terus tumbuh berkembang dan mampu meraih sukses dengan orang yang karirnya tidak berkembang atau cenderung tidak jelas bahkan sengsara dalam hidupnya?

Ya, itu karena potensi terbesar dalam diri orang yang sukses selalu terbuka dan selalu dikelola dengan baik serta dimaintain secara rutin, sehingga potensi tersebut dapat dibaca banyak orang, masyarakat atau perusahaan karena bisa memberikan manfaat. Pada akhirnya dari potensi besar yang telah difungsikan secara maksimal tersebut ia mendapatkan bayaran yang sesuai dengan keahlian yang dia miliki.

Hal ini sangat berbeda dengan orang yang tergolong rata-rata bahkan di bawah standar kualitas dalam karir atau bisnisnya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab potensi besar dalam diri mereka terkunci sangat kuat, sehingga dirinya tidak memiliki hasrat walau hanya sedikit untuk bisa tumbuh (growth) dalam karir, bisnis dan kehidupannya. Siapa yang mengunci potensi sukses dalam diri seseorang? Yang mengunci potensi sukses bukanlah orang lain, bukan juga tanggal kelahiran, atau faktor keturunan, melainkan dirinya sendiri. Mengapa hal itu bisa terjadi? Sebab dirinya memutuskan untuk membuat label negatif yang disadari atau tidak sering ia ucapkan.

Hati-hati dengan Label Negatif
Label negatif itu adalah sebuah pernyataan dalam bentuk kalimat yang selalu diulang-ulang, baik kepada diri sendiri ataupun disampaikan kepada orang lain, sehingga orang lain akan tahu karakter dirinya. Hati-hati loh…label negatif berupa kalimat negatif yang diulang-ulang ini responnya sangat hebat dapat menutup seluruh potensi besar dalam diri seseorang. Contoh, “saya bisanya hanya melakukan pekerjaan ini, jadi terima sajalah yang penting dapat penghasilan setiap bulan”, “untuk apa mengeluarkan uang beli buku atau  mengikuti training, toh tidak menjadikan hidup dan penghasilan saya berubah”, “cukup bekerja yang baik saja, rajin, sebab orang yang pintar kebanyakan tidak jujur”, “Jadi staf saja sudah cukup, tidak penting karir, untuk bisa berkarir lebih tinggi itu harus banyak keterampilan, sedang kemampuan saya terbatas, untuk menambah ilmu perlu uang dan penghasilan saya hanya cukup untuk makan”, “usaha saya kecil, untuk membesarkan usaha itukan butuh modal besar, saya tidak punya uang untuk mengembangkan usaha saya, jadi seperti ini saja sudah bersyukur”, dan sederet kalimat berupa pernyataan negatif lainnya yang membuat diri dan kehidupan kita tidak bisa bertumbuh menjadi lebih baik.

Apakah Anda pernah mendengar ada orang yang berbicara seperti itu? Atau apakah mungkin diri kita sendiri juga tanpa disadari sering berucap kalimat yang negatif dalam menyikapi ketidak mampuan diri kita ketika menghadapi tantangan pekerjaan atau kehidupan untuk bertumbuh lebih baik?  

Jadi kalau begitu berhati-hatilah dengan pernyataan negatif yang seringkali kita ucapkan sebab ucapan yang berulang-ulang menjadi sebuah doa yang bisa dengan cepat dikabulkan, dan energi negatifnya dapat berdampak langsung pada emosi dan gerakan tubuh kita.

Untuk lebih memahami bahwa energi pikiran negatif itu bedampak pada emosi dan kemauan Anda bertindak, saya persilahkan Anda untuk memejamkan mata, kemudian bayangkan, dengarkan dan rasakan diri Anda berada di suatu tempat dan ucapkan kalimat negatif berikut ini, “saya malas kerja untuk apa kerja keras toh saya tidak pernah dihargai, terlebih teman-teman saya tidak peduli dengan saya”. Sekarang buka mata Anda. Apa yang Anda rasakan? Ya betul tubuh Anda lemas, energi Anda turun dan Anda jadi malas melakukan aktivitas bukan?. Nah, pada kondisi seperti itulah seluruh potensi besar dalam diri Anda terkunci. 

Nah, sekarang silahkan pejamkan mata Anda kembali, kemudian bayangkan, dengarkan dan rasakan diri Anda berada di suatu tempat dan ucapkan kalimat positif berikut ini, “saat ini saya merasa sehat, bahagia, saya yakin semua masalah ada solusinya dan saya mampu mengatasinya, saya yakin bisa meraih apa yang saya impikan”. Sekarang buka mata Anda. Apa yang Anda rasakan? 

Ya betul tubuh Anda lebih bergairah dan semangat untuk meraih apa yang Anda impikan, dan tahukah Anda bahwa disaat kondisi seperti itu seluruh potensi besar dalam diri Anda akan terbuka dan menjadikan diri Anda siap untuk mendukung sukses seperti yang Anda impikan. Tentu saja agar apa yang Anda impikan bisa terwujud Anda harus berulang-ulang mengucapkan, membayangkan dan merasakan emosinya sehingga seuruh energi dalam diri Anda berfungsi maksimal untuk menggerakan tubuh Anda menuju tujuan hidup Anda.

Jadi salah satu cara untuk membuka potensi besar dalam diri Anda adalah memperbaiki cara berpikir dan ucapan Anda sehingga lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas secara benar dan manfaat, sehingga orang lain akan menghargai Anda dan derajat Andapun meningkat. 

Ucapan adalah doa, karenanya sekarang juga, mulailah untuk berpikir yang positif,  pikirkan kemajuan dan pertumbuhan diri Anda yang bisa digali dari pikiran bawah sadar Anda yang memiliki potensi 80%-85% dalam mencapai kesuksesan, yakinlah kepada Alllah bahwa setiap doa Anda bisa terkabul asalkan kita bersungguh-sungguh ingin melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. 

Ketahuilah, pikiran bawah sadar orang-orang sukses selalu mendapatkan asupan yang positif dan membangkitkan semangat hidup. Tahukah Anda bahwa pikiran bawah sadar itu tidak mampu menyeleksi asupan yang masuk, positif maupun negatif semuanya bisa masuk? Bayangkan jika pikiran bawah sadar kita banyak diasupi informasi negatif, apa yang terjadi? Kabar gembiranya, Anda dapat mengendalikan asupan yang masuk dalam pikiran bawah sadar Anda tersebut. Caranya Anda membuat filter dengan lebih memperbanyak menggunakan kekuatan penglihatan, pendengaran dan perasaan Anda untuk mengijinkan informasi positif saja yang boleh masuk, sedangkan Anda menyatakan menutup informasi yang negatif. Nah, kemampuan Anda dalam mengelola dan memaintain pikiran bawah sadar Anda akan menjadikan potensi diri Anda keluar sehingga Anda akan mampu meraih apa yang Anda inginkan lebih baik dari sebelumnya, sepanjang itu baik baik diri Anda, Keluarga dan orang-orang di sekitar Anda.

Selamat untuk Anda yang sudah memahami bagaimana cara membuka potensi diri melalui tulisan sederhana saya ini, segala yang baik datangnya dari Allah, sayapun masih banyak belajar dari orang-orang sukses yang sesuai dan searah dengan prinsip hidup saya untuk meraih keberkahan hidup dan keridhoan dari Allah SWT. Semoga Anda semakin mampu untuk terus meningkatkan keberhasilan Anda dalam karir dan bisnis atau apapun aktivitas Anda saat ini. Salam Amazing Succes untuk Anda semua.  

Rencana Tindak Lanjut :
Jawablah pertanyaan saya di bawah ini dalam rangka membantu membuka potensi diri Anda agar lebih sukses lagi dan karir dan bisnis Anda. 

  1. Jika Anda telah terlanjur memiliki label berupa kalimat negatif yang tertanam dalam pikiran Anda sehingga potensi besar untuk meraih sukses terkunci, maukah Anda menghapusnya dan mengubah menjadi kalimat positif yang bisa membangkitkan harapan dan semangat Anda bertumbuh lebih baik lagi? Jika Anda mau, kapan Anda bersedia melakukannya?
  2. Mengapa Anda begitu sangat ingin melakukan sebuah perubahan cara berpikir, dan cara berucap Anda? Perubahan seperti apa yang bisa anda lakukan agar karir, bisnis atau pendidikan Anda mengalami pertumbuhan lebih baik dari sebelumnya?
  3. Bagaimana cara Anda untuk lebih memperbesar potensi diri Anda dalam meraih pertumbuhan baik dipekerjaan, bisnis atau pendidikan? Apa saja upaya yang telah Anda lakukan untuk membuka potensi Anda sehingga bisa bermanfaat untuk diri Anda, keluarga, perusahaan dan orang-orang di sekitar Anda? Apa rencana Anda untuk lebih meningkatkan lagi kualitas potensi yang sudah mulai terlihat? Bagaimana Anda bisa menjadikan potensi itu bisa menjadi sarana ibadah Anda kepada sang Khalik?


Postingan populer dari blog ini

SOAL AKUNTANSI DASAR UTS

PENTING !!! PERSIAPAN FIT & PROPER CADIR BPR

MAU IKUT PROGRAM COACHING?